My home coming


My home sweet home.
Dear blog and readers..
This posting is aimed to share how I love to be part of my family..
Aku berusaha menuliskannya dengan bahasa yang sederhana mungkin, karena aku ingin berbagi kepada pembaca betapa aku bahagia dan bersyukur dalam hidupku, memiliki keluarga yang sangat mencintai ku dan aku cintai. Jumat – Minggu 12-14 April 2013 aku berada di Medan. Let me tell you how I begun this journey. Late after my presentation schedule, I went out and took a cab to the airport. Jadwal keberangkatan CGK-MES yaitu pukul 19.30 WIB. Aku keluar kantor pukul 16.35 WIB. Tapi sangat diluar dugaan, lama perjalanan untuk sampai ke bandara sekitar hampir 3 jam. Sekitar pukul 19.20 aku baru sampai di bandara. Sebenarnya aku sih sudah pasrah, resiko terbesar yah harus beli tiket baru. Waktu itu langsung lunglai.. my fault.. I should have known that I live in a city called Jekardaah, where traffic jam becomes a life time mate for everyone. Tapi ya sudahlah, seberapa lah harga tiket, jika harus dibandingkan dengan rasa rindu ku dengan rumah dan keluarga ku..

Sebelum turun, aku berusaha nelpon Lion air, tapi petugas nya tidak bisa berbuat banyak. Setelah turun dari cab, aku lari.. Ternyata masih bisa check in, Terimakasiiih ya Tuhaan..!!! thanks for the aircraft crews.. you people, are so reliable! So sorry, I was in a rush, I should have give you something, someday! Hope to see you again, in a better reason..

Aku dapet gate B1, lari lari dengan 2 tas tangan..which are lumayan berat.. terus sampe lah di gate B1, nanya petugas nya.. “Pak, JT 212 dimana?” “Sebelah kanan bu..” “Fiuuh, Makasih banyak pak..” “Hahaha, telat ya bu? Lain kali jangan telat ya bu..” “Ya pak, saya kirain udah boarding semua, makasih ya pak!”. Petugas nya senyum senyum, sambil liatin aku sempoyongan. Beneran..karena lari lari, mulut dan tenggorokan serta kerongkongan kering abis.. *hayoo siapa yang tahu beda tenggorokan dan kerongkongan?
Manalagi ga bawa minum dan ga ada fending machine di gate B1. Ga tahu siih, ga ada apa aku ga ngeliat..tapi kemaren ga kepikiran muter muter cari fending machine. Wong masuk antrean boarding juga udah berkat buat aku.. Finally, aku bisa ngantri jugaa.. Satu satu nya antrian yang paling aku suka dan syukuri dalam hidup..
Masuk pesawawt, dapat seat 7C, gitu tarok tas di baggage kabin, duduk, hela nafas, nelpon mami, doa.. aku tertidur pulas. Sampai lupa kalo aku haus.

Oh God, so heart attack..

Sesuai schedule, pesawat mendarat aman di Medan, dan ga sadar, aku selalu tersenyum senyum. Ntar kalok sampe rumah mau pasang ekspresi apa yaa.. Mau mengendap endap, eeh.. pasti ketahuan. Secara gerbang bunyinya pasti cetarr.. Lagian, taxi nya pasti bunyi juga.. Seperti dugaan, mami udah nungguin di ruang tamu sekitar jam 10.30pm. Pas mau cium tangan mami, mami langsung peluk..

Mungkin terkesan lebay, but eveyone should agree, tidak ada pelukan sehangat pelukan ibu.. kayaknya ada 20 detik aku diam sambil peluk mami.. Sampai kerasa, badan mami kurusan, yang berarti program diet beliau berhasil. Biasanya yaa, kalo peluk mami itu, tangan ga bisa melingkar sempurna cyiin.. hahaha

“Mamiii.. kok kurusan?” – “Ya lah, malam ga makan lagi..diet berhasil”, sembari mencium pipi dan kening ku. Babe yang tidur di ruang tivi ngintip ngintip.. “Bah, naung ro do ho boru”, sambil beccut alias memasang muka hampir nangis. Nah, ini nih satu kebiasaan babe yang aku ga suka. Anaknya datang, dia malah mau nangis..

“Ya elaah, nangiiis segala.. peluk dulu doong..” sejurus muncung bertubi tubi mencium muka babe yang awet muda tanpa keriput dan kulit muka lembab dan mulus. “Widiih, rambut nya rapi banget, kumisnya abis dicukur yaa..? Ganteeeng iih, pantesan mami betah di rumah terus.. cemana kabar hallet mu itu pak, udah kurusan dia sekarang. Kayak anak gadis. Ga takut babe kalo dia ditaksir orang?”, tanya ku sambil berbisik ke babe.. “Hahaha.. iya, diet mami.. Ah, cinta mati ku dia itu.. ga akan diambil orang dia..” Hahaha.. kami bertiga tertawa..

Adik bungsu ku yang ga tahan nungguin malam tertidur di ruang tivi. Badannya kurus, malas makan, padahal aktivitas segudang.. Baru sadar, dia udah tinggi banget.. rambutnya gaya anak abg masa kini. Seperti biasa, dia harus tidur dengan bantal yang banyak dan ga lupa guling dipeluk.

Mami langsung buru buru kebelakang, sendokin nasi ukuran babu ga makan setahun dengan ikan kesukaan, Arsik. Mami khusus cariin ikan bado, a.k.a ikan gabus. Ikan yang jarang di temui, tapi paling bergizi dan bagus untuk memulihkan stamina. Sluuurrrpp.. Mami juga ga lupa buatin aku minuman algae yang dipelihara mami.

Oh ya, mami punya tanaman algae, yang udah beranak pinak. Air algae diminum untuk mengganti ion tubuh, segaaaarr..
Setelah kenyang, hidupin tipi, nonton x-factor 5 menit, ngelendot ke mami.. what a moment of comfort the most. Cerita cerita sampai jam tengah dua pagi, mami pijit pijit kepala sambil elus elus rambut. Ga sampai semenit, ketiduran aku.. Kebiasaan semua anaknya, sebelum tidur harus dikelonin. Kalo dua anak sama mami, dua anak yang lain sama babe. Dan biasanya, abang ku ga mau sama bapak ku hahaha.. jadi aku dan adek bungsu ku lah sama babe..

Sabtu pagi, aku temanin babe saat teduh, sarapan, olahraga dan berjemur di matahari. Menjadi tukang kebun sesaat.. Panas nya matahari di Medan naudzubillahi bin zoliik.. Apa mataharinya beda dengan di Jekardaah, I was wondering.. Malas kali memang adekku bersihkan kebun bunga yang ga seberapa itu.. Rumput jepangnya pun ga kelihatan lagi, karena ketutupan sama rumput liar. Pohon kemangi ku pun mati.. pohon anggur nya kerdiiiilll.. Hidup segan mati tak mau.. yang tersisa bunga kamboja, dan tumbuhan tak berbunga kesukaan si mami.

Beres berkebun yang ga seberapa itu, nyapu dan mencuci semua bunga plastik yang di rumah, ngepel dan ngejus. Buseeet, udah kayak nge gym 3 jam..capek juga.. Mami pulang dari pajak (pasar), masakin pinahan di kessap a.k.a babi semur, my another fave foods.. Makan siang, tidur siang sampai jam 5 sore hehehehe..

Oh ya, tadinya mamiku itu hobbinya koleksi bunga hidup.. dan aku suka merangkai bunga plastik. RUmah kami punya 6 rangkaian bunga plastik disetiap sudut rumah. Udah kayak toko bunga.. Sekarang hobi mami ku ga koleksi bunga lagi, sekarang semua dinding rumah dikasih lukisan sama beliau.. Ini rumah makin ponjoooot aja.. Lagian, lukisannya ga bervariasi.. semua lukisan bunga.. aissh, mamaaak..sangat lack of art..

Malamnya temani mami minum nutrisi, bawa babe terapi, pulang.. belanja makanan Medan, mulai dari martabak, ifu mie, pansit, capcai, dan bakpao. Kenyaaaaang…
Beres itu, aku kembali ke lektop.. Menyedihkaaan.. Kerjain tugas semalaman suntuk sampai jam 9 pagi.. sempat sih tertidur sejam.. Mami dan babe sampai marah.. “Na songon on do ho torus di Jakarta ate??” – Yang seperti ini nya kamu di jakarta selama ini?
Merepet pun dimulai, harus pasang muka memelas, dan banyak banyak ngeless..

Ah.. memang rumah selalu menjadi tempat paling ngangenin sedunia.. Minggu sore pun dateng dan aku harus balik ke kota yang keras ini, Jakarta.. Tapi sebelum pulang, mamiku selalu menyiapkan semua makanan bergizi untuk dibawa balik ke Jakarta. Pisang kesukaan ku, alpukat, dodol durian, tengteng, pia rasa jeruk dan kacang hitam, BPK, vitamin suplemen, brownies dan cemilan sehat lainnya. Mamiku.. koki ku, dokter pribadiku, guruku, my best..

Babe ku tersayang pun kembali bersedih, bahkan menangis sambil bertanya, “Kapan kau pulang lagi inang?”- “Juni babe, waktu mami ulang tahun.. tapi janji jangan kasi tahu mami yaa..”, jawab ku smbil pasang mukak licik. “Hahaha, iya.. ini rahasia kita dua yaa..”, jawab babe sambil nyodorin kelingking kanan untuk buat janji. “Okee, kalo gitu aku tunggu transferan duit nya sebagai ongkos..” – “Hahaha, dang adong be hepeng ku.., bagi ma jo hepeng mi bah..”, jawab babe ku ga mau dirugikan 😀

Hah… tahe.. harus balik ke jakarta itu berat.. Too much love at home.. too much blessings I got, too much time I need to show love to my fam..
I am so thankful, being a daughter of my lovely caring parents. I am nothing without them.

Distance means nothing, when family means everything.

This entry was posted in Family. Bookmark the permalink.

2 Responses to My home coming

  1. wuih…ikutan capek baca aktifitas sister yg padat pake sangat itu.. hahaha :))

    you’re such a lovely daughter sis :-*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s